UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI NGEBEL KASIHAN BANTUL

Evandari, Neti (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI NGEBEL KASIHAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Neti Evandari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SD Negeri Ngebel Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ngebel Kasihan Bantul yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes dan panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Ngebel Kasihan Bantul dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada pra siklus (pre test), jumlah nilai rata-rata kelas adalah 63,72 dan siswa yang memenuhi nilai KKM ada 10 siswa atau sebesar 34,48% dari total jumlah siswa. Pada tindakan siklus 1, jumlah nilai rata-rata kelas adalah 72,07 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 18 siswa atau mencapai 62,07%. Pada tindakan siklus 2, jumlah nilai rata-rata kelas adalah 82,24 dan siswa yang memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 26 siswa atau mencapai 89,66% dari total 29 siswa. Langkah-langkah yang efektif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPS menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas V SD Negeri Ngebel Kasihan Bantul, antara lain: (1) waktu saling melempar pertanyaan, ditambah menjadi 20 menit, (2) guru membuat LKS untuk mengarahkan jalannya diskusi kelompok, sehingga siswa dapat membuat beberapa pertanyaan dan menyiapkan jawaban, dan hanya satu pertanyaan yang dilempar kepada kelompok lain, dan (3) jawaban yang disiapkan pembuat soal, berguna untuk mengetahui jawaban yang diberikan teman benar atau tidak. Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran, snowball throwing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item