HUBUNGAN KECERDASAN ADVERSITY DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEMPEL

Desi Kumalasari, Desi (2015) HUBUNGAN KECERDASAN ADVERSITY DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Desi Kumalasari(07104244075).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan adversity dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Subjek yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel berjumlah 214 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala kecerdasan adversity dan hasil raport siswa pada semester I. Validitas skala diuji menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson dan reliabilitas skala diuji menggunakan rumus alpha cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara kecerdasan adversity dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel. Hasil analisis korelasi menunjukkan koefisien r sebesar 0,537 yang menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel tersebut bersifat positif. (2) Hasil koefisien korelasi determinasi sebesar 0,288. Ini menunjukkan dari variabel kecerdasan adversity memberikan kontribusi sebesar 28,8% untuk variabel prestasi belajar, maka dapat diketahui variabel prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kecerdasan adversity. Dengan demikian 71,2% pada variabel prestasi belajar siswa dipengaruhi variabel lain. (3) Secara deskriptif sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel memiliki tingkat kecerdasan adversity pada kategori sedang sebesar 43,5%, rendah sebesar 32,2%, tinggi 19,6%, sangat tinggi sebesar 2,8%, dan sangat rendah sebesar 1,9%. Hal ini sama dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel berada pada kategori sedang sebesar 35,5%, rendah sebesar 33,2%, tinggi sebesar 21,0%, sangat tinggi sebesar 7,5%, dan sangat rendah sebesar 2,8%. Kata kunci : kecerdasan adversity, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item