UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI MRANGGEN SRUMBUNG MAGELANG

Opin, Kurniawati (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI MRANGGEN SRUMBUNG MAGELANG. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Opin Kurniawati.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan pendekatan whole language pada anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Pertiwi Mranggen Srumbung Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Pertiwi Mranggen, Srumbung, Magelang yang berjumlah 28 anak, terdiri dari 16 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Pertiwi Mranggen Srumbung Magelang, dapat ditingkatkan melalui pendekatan whole language. Langkah-langkah pembelajaran yang efektif dari hasil penelitian ini antara lain: (1) membagi anak menjadi dua kelompok; (2) membuat tulisan dan gambar di atas kertas karton, sehingga anak diharapkan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran; (3) membuat gambar lebih besar lagi, sehingga anak lebih jelas dalam membaca dan mengidentifikasi kata; dan (4) membuat lembar kerja anak berisi gambar, sehingga anak dapat langung menulis di lembar kerja tanpa harus menulis di buku lagi. Berdasarkan peningkatan kemampuan membaca permulaan yang dicapai anak Kelompok A, yaitu kemampuan membaca permulaan sebelum tindakan, anak yang mencapai skor 3 ada 7 anak (25%). Pada tindakan Siklus I, anak yang mencapai skor 3 ada 13 anak (45,71%). Peningkatan dari sebelum tindakan ke tindakan Siklus I sebesar 20,71%. Pada tindakan Siklus II, anak yang mencapai skor 3 ada 25 anak (89,05%). Peningkatan dari tindakan Siklus I ke tindakan Siklus II sebesar 43,34%. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, pendekatan whole language, Kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item