PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SD N SUKOMULYO NGAGLIK SLEMAN

Pranolo, Hermawan Hery (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SD N SUKOMULYO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HERMAWAN H-NIM 09108247077.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SD Negeri Sukomulyo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukomulyo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 18 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar afektif dan kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SD Negeri Sukomulyo. Pengaruh pada aspek afektif berupa sikap ingin tahu, saling terbuka, dan kerjasama ditunjukkan dengan perhitungan mean hasil belajar afektif sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Ratarata nilai sebelum diberi perlakuan sebesar 62,78 dan rata-rata nilai sesudah diberi perlakuan sebesar 91,11. Pengaruh pada aspek kognitif ditunjukkan dengan hasil perhitungan mean posttest dan pretest. Rata-rata nilai pretest sebesar 55,67 dan rata-rata nilai posttest sebesar 76,11. Kata kunci: metode eksperimen, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15399

Actions (login required)

View Item View Item