PROGRAM SEKOLAH LANJUT USIA GOLDEN GERIATRIC CLUB DI YAYASAN BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

Fitri Badriyah, Fitri (2015) PROGRAM SEKOLAH LANJUT USIA GOLDEN GERIATRIC CLUB DI YAYASAN BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan konteks, input, proses, dan produk program sekolah lanjut usia Golden Geriatric Club di Yayasan Budi Mulia Dua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Teknik penentuan subyek dilakukan dengan teknik purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 mahasiswa sekolah lanjut usia Golden Geriatric Club, Direktur Yayasan Budi Mulia Dua, dan Manajer sekolah lanjut usia Golden Geriatric Club. Setting penelitian dilakukan di sekolah lanjut usia Golden Geriatric Club dan aktivitas di luar sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman dokumentasi, dan pedoman wawancara. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknis analisis data menggunakan model interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, 1)Keadaan konteks program adalah dasar hukum yaitu UU No 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia dan Peraturan Pemerintah No 43 tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Lanjut Usia. Tujuan program yaitu lanjut usia bisa mandiri, berkarya dan bahagia. Tugas dan fungsi lembaga yaitu memberikan kesempatan kepada warga lanjut usia untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia. Indikator ketercapaian program didasarkan pada aktivitas mahasiswa, 2) Keadaan input program adalah sumber daya manusia meliputi penyelenggara program yang terdiri dari penasehat, pengurus, manajer dan staff. Dosen meliputi 1 dosen agama, 1 dosen musik, dan 2 dosen kesehatan. Mahaiswa ada 20 orang. Sarana dan prasarana yang ada yaitu sumber belajar ada modul dan alat praktek. Fasilitas ruangan meliputi kursi, meja, screen, lcd, perpustakaan, keyboard, dan cord lagu. Sumber dana yang ada yaitu dari Yayasan Budi Mulia Dua, 3) Keadaan proses program meliputi jadwal yang dilaksanakan pada setiap hari sabtu, belum adanya presensi, metode pembelajaran mencakup ceramah dan tanya jawab, teori dan praktek, dan diskusi. Model pembelajaran yang belum dipastikan, dan evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah evaluasi proses, 4) Keadaan produk program meliputi kemandirian, mahasiswa bisa berkarya dan bahagia dengan tidak menjadi beban bagi keluarga. Tidak adanya nya data lulusan. Pengaruh sampingan tidak bisa dipastikan, dan keunggulan program yaitu kegiatan yang mendukung program sekolah lanjut usia Golden Geriatric Club. Kata kunci: Program, Sekolah lanjut usia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item