KINERJA TUTOR PROGRAM PENDIDIKAN PAKET C (UMUM) DALAM MELAKSANAKAN TUGAS POKOK DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Yunita Martyastuti, Yunita (2015) KINERJA TUTOR PROGRAM PENDIDIKAN PAKET C (UMUM) DALAM MELAKSANAKAN TUGAS POKOK DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
YUNITA MARTYASTUTI_09102244029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kinerja tutor dalam melaksanakan tugas pokok di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tahun pelajaran 2013/2014 sesuai dengan Keputusan Menteri No. 0132/U/2004 Tentang Paket C yang dijabarkan dalam bentuk buku Pedoman Penyelenggaraan Program Paket C Umum Tahun 2010. 2) hambatan yang dialami tutor dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tugas pokok dalam melaksanakan pembelajaran paket C (Umum). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengelola SKB yang berjumlah 2 orang, tutor paket C yang berjumlah 10 orang, dan warga belajar yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dengan menggunakan Expert Judgementatau pengujian dikonsultasikan dengan ahli, dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Kinerja tutor paket C UPT SKB Kabupaten Wonogiri dalam melaksanakan tugas pokok yang dilakukan pengelola SKB dengan kategori “Sedang” dan skor rata-rata tertinggi 25,6, tutor paket C dengan kategori “Tinggi” dan skor rata-rata tertinggi 29,5 dan warga belajar dengan kategori “Tinggi” dan skor rata-rata tertinggi sebesar 33. 2) Hambatan yang dialami tutor dalam melaksanakan tugas pokok dalam melaksanakan pembelajaran paket C “Ngudi Ilmu” di SKB Kabupaten Wonogiri, yaitu kurang maksimalnya penggunaan sarana dan prasarana yang disediakan dan digunakan oleh tutor, waktu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar berjalan belum maksimal, presensi kehadiran warga belajar yang tidak stabil, dan partisipasi warga belajar dalam kelas dan kehadiran yang belum berjalan dengan maksimal. Kata kunci: kinerja tutor paket C, pelaksanaan tugas pokok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15387

Actions (login required)

View Item View Item