PENGARUH PERMAINAN ALAT MUSIK PERKUSI TERHADAP PERSEPSI BUNYI IRAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA NGABEAN I KEMUSUH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Sri, Nurgiyanti (2015) PENGARUH PERMAINAN ALAT MUSIK PERKUSI TERHADAP PERSEPSI BUNYI IRAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA NGABEAN I KEMUSUH BANYUREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GIYAN.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan alat musik perkusi terhadap persepsi bunyi irama pada anak kelompok B TK ABA Ngabean I Kemusuh Banyurejo Tempel Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre test post test control group design. Subyek penelitiana ini adalah siswa kelompok B TK ABA Ngabean I Kemusuh Banyurejo Tempel Sleman Yogyakarta yang berjumlah 36 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok B1 sebagai kelompok kontrol dan B2 sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan mean yang di peroleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu mean dari kelompok eksperimen sebesar 5,3333 sedangkan untuk kelompok kontrol memperoleh nilai sebesar 4,7222, keterberartiannya diuji dengan menggunakan uji t. hasil dari uji t menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikan tersebut sebesar signifikan t sebesar 0,000. Nilai t ini kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan alat musik perkusi terhadap persepsi bunyi irama pada anak kelompok B TK ABA Ngabean I Kemusuh Banyurejo Tempel Sleman Yogyakarta. Kata kunci :Alat Musik perkusi dan Persepsi Bunyi Irama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item View Item