PENDIDIKAN KARAKTER BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DENGAN METODE THERAPEUTIC COMMUNITY (TC) DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA

Trisulistiyanto, Tri (2015) PENDIDIKAN KARAKTER BAGI KORBAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DENGAN METODE THERAPEUTIC COMMUNITY (TC) DI PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA (PSPP) YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIOK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pendidikan karakter dengan metode Therapeutic Community (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter dengan metode Therapeutic Community (TC) di PSPP Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian, Pengelola, Pekerja sosial, Conselour addict, dan Korban penyalahgunaan napza (residen) Panti Sosial Pamardi Putra (PSPP) Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan interpretasi yang didahului dengan trianggulasi untuk mengetahui keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pendidikan karakter melalui metode TC dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu Intake proses, entry unit, primary stage, re-entry unit, dan after care dan dilakukan melalui 4 fokus pembinaan yaitu pembinaan sifat dan kepribadian, pembinaan dan pengendalian emosi, pembinaan pola pikir, dan pembinaan keterampilan dan bertahan hidup. (2) Faktor Pendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui metode TC antara lain semangat dan kerja keras pekerja sosial dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi korban penyalahgunaan napza, adanya motivasi dari residen untuk sembuh total dari pengaruh penyalahgunaan Napza, saling terbuka satu sama lain antara residen dengan pengelola PSPP. adanya dukungan dari pihak pemerintah dalam membantu penyediaan fasilitas di PSPP. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya jumlah pekerja sosial yang ada, belum tersedianya fasilitas wisma tamu untuk mendukung penyatuan keluarga dengan residen dalam proses pemulihan, masih adanya keluarga korban penyalahgunaan napza yang tidak berperan aktif dalam proses rehabilitasi. Kata Kunci : pendidikan karakter, korban penyalahgunaan napza, therapeutic community

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item View Item