MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI SENAM IRAMA DI TK DHARMA WANITA II CANDIMULYO KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG

Setyaningrum (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI SENAM IRAMA DI TK DHARMA WANITA II CANDIMULYO KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SETYANINGRUM.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B melalui senam irama di TK Dharma Wanita II Candimulyo kecamatan Kedu kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolabratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian adalah kelompok B yang berjumlah tiga belas anak yang terdiri dari lima anak laki-laki dan delapan anak perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa senam irama dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita II Candimulyo. Keterampilan motorik kasar yang dapat ditingkatkan meliputi koordinasi lengan dan kaki serta kelentukan. Hal tersebut terlihat dari observasi kondisi awal motorik kasar anak kelompok B yang mencapai 47,58%, pada siklus I meningkat menjadi 70,63% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,44%. Kata kunci: keterampilan motorik kasar, senam irama, TK Dharma wanita II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15383

Actions (login required)

View Item View Item