PROGRAM PEMBERDAYAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS MELALUI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI PANTI SOSIAL BINA KARYA YOGYAKARTA

Ariya Akbarian, Ariya (2015) PROGRAM PEMBERDAYAAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS MELALUI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI PANTI SOSIAL BINA KARYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
Ariya Akbarian_09102241011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan proses perencanaan program pemberdayaan gelandangan dan pengemis melalui pendidikan kecakapan hidup, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program pemberdayaan gelandangan dan pengemis melalui pendidikan kecakapan hidup, 3) Mendeskripsikan evaluasi program pemberdayaan gelandangan dan pengemis melalui pendidikan kecakapan hidup, 4) Mendeskripsikan dampak program pemberdayaan gelandangan dan pengemis melalui pendidikan kecakapan hidup Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah pegawai panti sosial bina karya dan warga binaan Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta,. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam. Alat penelitian menggunakan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber untuk menjelaskan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Proses perencanaan program pemberdayaan dilakukan oleh semua pegawai panti dan bertempat di aula dengan melalui tahap identifikasi masalah, tujuan, sasaran program, penentuan narasumber teknis, penentuan materi, penentuan sarana dan prasarana, dan evaluasi 2) Proses pelaksanaan program pemberdayaan melalui pendidikan kecakapan hidup dengan memberikan pelatihan pertanian, menjahit, pertukangan bangunan, pertukangan kayu, ketrampilan las. Proses pelaksanaan program pemberdayaan gelandangan dan pengemis di Panti Sosial Bina Karya dengan bimbingan ketrampilan yang lebih mengutamakan praktik dan pelaksanaannya di lakuakan dalam 4 kali dalam satu minggu yang berlangsung selama 1 tahun dan di mulai dari bulan januari dan diakhiri bulan desember. 3) Proses evaluasi di Panti Sosial Bina Karya yaitu dengan cara tanya jawab sebelum mengakhiri bimbingan materi setiap harinya, 4) Dampak program sangat baik karena para warga binaan dikirim transmigrasi ke kalimanatan, dengan begitu para warga binan dapat meninggalkan pekerjaannya yang dulu karena mereka disana akan di tampung oleh perusahaan-perusahaan yang sudah menjaring kerjasama dengan pihak panti. Kata Kunci : program pemberdayaan,gelandangan dan pengemis,kecakapan hidup

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item View Item