DESKRIPSI KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI KEGIATAN BERMAIN ULAR TANGGA PADA ANAK TK KELOMPOK A SE-GUGUS V DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN

Rita, Dwi Astuti (2015) DESKRIPSI KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI KEGIATAN BERMAIN ULAR TANGGA PADA ANAK TK KELOMPOK A SE-GUGUS V DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Rita Dwi Astuti_NIM 09111241033.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membilang melalui kegiatan bermain ular tangga pada anak TK kelompok A se-Gugus V di Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten. Kemampuan membilang dalam penelitian ini fokus pada kemampuan membilang urutan bilangan 1-10. Kemampuan membilang dinilai melalui kegiatan bermain ular tangga. Adapun aspek yang dinilai adalah bagaimana kemampuan membilang urutan bilangan 1-10, membilang titik-titik pada dadu, serta kemampuan menghitung langkah pion sesuai jumlah titik pada dadu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah sampel anak kelompok A se-Gugus V di Kecamatan Juwiring dengan jumlah 53 anak dari empat TK. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil check list (lembar observasi) disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dan histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang melalui kegiatan bermain ular tangga pada anak TK kelompok A se-Gugus V di Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten dalam predikat cukup baik yaitu dengan persentase 51,79%. Kemampuan membilang melalui kegiatan bermain ular tangga ini dinilai dari tiga aspek yaitu kemampuan membilang urutan bilangan 1-10 pada dadu dengan persentase sebesar 68,48%, kemampuan membilang titik-titik pada dadu dengan persentase sebesar 49,67%, serta kemampuan menghitung langkah pion sesuai jumlah titik pada dadu dengan persentase sebesar 37,31%. Jika dianalisis kemampuan membilang melalui kegiatan bermain ular tangga dari ketiga aspek tersebut, maka kemampuan membilang anak mencapai tingkat perkembangan cukup baik. Kata kunci: kemampuan membilang, bermain ular tangga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item