UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE BERMAIN TEAMWORK PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 PURBALINGGA

Tricahyono Wisnuwardhana, Tricahyono (2015) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE BERMAIN TEAMWORK PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 1 PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Purbalingga melalui metode bermain teamwork. Metode bermain teamwork diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang meliputi indikator adanya hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan menarik dalam belajar, dan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Purbalingga yang berjumlah 34 siswa diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama terdiri atas 3 tindakan, sedangkan pada siklus kedua terdiri atas 2 tindakan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala motivasi belajar, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Reliabilitas skala motivasi belajar sebesar 0,943 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Jenis permainan yang digunakan adalah games back to back dan all stand up, terjerat tali, see our feet, dan blind dragon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui metode bermain teamwork . Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pra tindakan dengan hasil pasca tindakan I dan II yang mengalami peningkatan dari 59,4% meningkat menjadi 72,9% dilanjutkan dengan siklus kedua sehingga mencapai rata-rata menjadi 78,4%. Dari hasil tersebut, penelitian dicukupkan karena kriteria keberhasilan yang ditargetkan sebesar 76% sudah terlampaui. Selain itu siswa yang mendapatkan skor kategori tinggi sebanyak 31 siswa dari 34 siswa. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah games back to back dan all stand up, terjerat tali, see our feet, dan blind dragon. Kata kunci : metode bermain teamwork, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item