MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN METODE TAPIN (TANGAN PINTAR) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DEMAKIJO 1 GAMPING

Kurniawaty, Fitria (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN METODE TAPIN (TANGAN PINTAR) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI DEMAKIJO 1 GAMPING. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Fitria Kurniawaty(09108247078).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan metode Tangan Pintar dalam meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian siswa, dan meningkatkan hasil belajar operasi hitung perkalian siswa kelas III SD Negeri Demakijo 1 Gamping, Sleman . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari empat pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Demakijo 1, Gamping yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar operasi hitung perkalian dengan metode Tangan Pintar di kelas III SD N Demakijo 1.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk data berupa hasil tes siswa. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa hasil observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Tangan Pintar dalam pembelajaran Operasi Hitung Perkalian telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Demakijo 1 Gamping, tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan hasil belajar tersebut dicapai melalui dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan, dari 30 siswa hanya ada dua belas siswa yang mencapai nilai KKM 73, nilai rata-rata siswa 61,67. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, yaitu ada 18 siswa yang sudah mencapai nilai KKM 73 dan nilai rata-rata siswa 77,48. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, yaitu seluruh siswa yang berjumlah 30 sudah mencapai nilai KKM 73, nilai rata-rata siswa 83,10. Dengan metode Tangan Pintar siswa semakin antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, siswa merasa senang dan bergembira dalam setiap proses pembelajaran dengan Tangan Pintar sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup. Kata kunci: hasil belajar, operasi hitung perkalian, metode Tangan Pintar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item