PERFEKSIONISME SISWA PROGRAM KELAS AKSELERASI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Cempaka Lutfiana Isnaningtyas, Cempaka (2015) PERFEKSIONISME SISWA PROGRAM KELAS AKSELERASI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Cempaka Lutfiana Isnaningtyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat perfeksionisme pada siswa akselerasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek seluruh siswa akselerasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perfeksionisme. Uji coba validitas dan reliabilitas skala perfeksionisme dianalisis menggunakan SPSS for Windows 16.0 Version dengan membandingkan nilai corrected item-total correlation yang diperoleh dengan nilai r-kritis, yaitu 0,334 (N = 35 dan taraf signifikansi = 5%) dan melalui teknik alpha cronbach dihasilkan koefisien alpha sebesar 0,801. Analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perfeksionisme pada siswa akselerasi di SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 berada pada kategori sedang dengan persentase 87,5% (28 siswa). Tingkat perfeksonisme siswa berdasarkan aspek Self-Oriented Perfectionism berada pada kategori sedang dengan persentase 75% (24 siswa), pada Other-Oriented Perfectionism berada pada kategori sedang dengan persentase 81,25% (26 siswa), dan pada Socially Prescribed Perfectionism berada pada kategori sedang dengan persentase 75% (24 siswa). Berdasarkan jenis kelamin, tingkat perfeksionisme siswa perempuan berada pada kategori sedang dengan persentase 90,5% (19 siswa) dan siswa laki-laki berada pada kategori sedang dengan persentase 81,8% (9 siswa). Berdasarkan perbedaan usia, tingkat perfeksionisme siswa yang berusia 14 tahun berada pada kategori sedang dengan persentase 90% (9 siswa), siswa yang berusia 15 tahun berada pada kategori sedang dengan persentase 84,6% (11 siswa) dan siswa yang berusia 16 tahun berada pada kategori sedang dengan persentase 88,9% (8 siswa). Kata kunci : perfeksionisme, siswa akselerasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item