PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PENDEKATAN KOMBINASI CHEMOEDUTAINMENT (CET) DAN PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL

I ISWARI, LUCIA RURI (2014) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PENDEKATAN KOMBINASI CHEMOEDUTAINMENT (CET) DAN PEDAGOGICAL CHEMISTRY KNOWLEDGE (PChK) UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PENDEKATAN KOMBINASI CHEMOEDUTAINMENT.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum kimia berbasis pendekatan kombinasi Chemoedutainment (CET) dan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) untuk siswa SMA/MA kelas XI semester gasal dan mengetahui kualitas petunjuk praktikum kimia tersebut berdasarkan penilaian reviewer, yaitu lima orang guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall, yaitu metode penelitian yang digunakan unuk mengembangkan atau memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Pengembangan dimulai dengan mengumpulkan referensi tentang kegiatan praktikum yang sesuai dengan materi pembelajaran kimia kelas XI semester gasal, membuat rancangan petunjuk praktikum kimia, kemudian membuat petunjuk praktikum kimia. Petunjuk praktikum kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan peer review. Masukan yang diberikan digunakan untuk merevisi petunjuk praktikum kimia. Langkah selanjutnya adalah menilai kualitas petunjuk praktikum kimia oleh reviewer yaitu lima orang guru kimia SMA/MA dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Kriteria penilaian meliputi aspek penulisan dan organisasi petunjuk praktikum, kebenaran konsep, kedalaman materi, kedalaman kalimat dan tingkat keterbacaan, muatan Standar Isi, tingkat keterlaksanaan kegiatan praktikum, penilaian hasil belajar, dan tampilan fisik petunjuk praktikum. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan Kombinasi Chemoedutainment (CET) dan Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Semester Gasal. Secara keseluruhan, petunjuk praktikum kimia memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan presentase keidealan 92,29%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:43
Last Modified: 29 Jan 2019 20:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item