PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK 3 SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Emma Novriskasari, Emma (2015) PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8 SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK 3 SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
EMMA NOVRISKASARI_11403244003_FULL.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akuntansi siswa elas XII AK 3 SMK YPKK 1 Sleman tahun ajaran 2014/2015 dengan memanfaatkan Macromedia Flash 8 sebagai sumber pembelajaran alternatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ang dilakukan secara kolaboratif, artinya penelitian ini dilakukan kerjasama dengan uru akuntansi SMK YPKK 1 Sleman. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XII AK 3 ang terdiri dari 27 siswa, namun data yang digunakan adalah 23 siswa. Sebanyak mpat siswa tidak memenuhi persyaratan untuk dianalisis dalam penelitian ini. enelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Siklus I erdiri dari dua pertemuan dengan pokok bahasan teori siklus akuntansi perusahaan agang sistem perpetual dengan PPN dan siklus II terdiri dari dua pertemuan dengan okok bahasan mengelola dan menganalisis bukti transaksi. Teknik pengumpulan ata yang digunakan berupa dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini dalah meningkatnya pemahaman siswa yang diketahui melalui hasil belajar siswa anah kognitif dengan 75% siswa dalam satu kelas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 77. Hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat peningkatan pemahaman siswa ilihat dari hasil belajar siswa ranah kognitif. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 18 iswa (78,26%) dari 23 siswa yang mengikuti post test dan jumlah siswa yang tidak untas sejumlah 5 siswa (21,74%). Siklus II menunjukkan jumlah siswa yang tuntas ebanyak 22 siswa (95,65%) dari 23 siswa yang mengikuti post test dan 1 siswa 4,35%) dinyatakan tidak tuntas. Kata Kunci: Macromedia Flash 8, Sumber Pembelajaran Alternatif, Pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15348

Actions (login required)

View Item View Item