IMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Prabawati, Nuke Ajeng (2014) IMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
IMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: 1) motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen; 2) motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas kontrol; 3) motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; dan 4) prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 7 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan cara purposing sampling. Sampel terbagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen yang menerapkan multimodal learning kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbasis web dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) tanpa web. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal post-test, dan angket motivasi belajar kimia. Hipotesi penelitian diuji dengan paired samples t-test, independent sample t-test, dan univariate analysis of variance. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen, tidak adanya perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran di kelas kontrol, terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: multimodal, STAD, web, motivasi, dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:32
Last Modified: 06 Apr 2015 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item