ANALISIS RASIO KEUANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KOTA MAGELANG UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA MAGELANG TAHUN ANGGARAN 2008-2012

Muhibtari Astriana Nabila, Nabila (2014) ANALISIS RASIO KEUANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KOTA MAGELANG UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA MAGELANG TAHUN ANGGARAN 2008-2012. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Astriana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANALISIS RASIO KEUANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KOTA MAGELANG UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA MAGELANG TAHUN ANGGARAN 2008-2012 Oleh : ASTRIANA NABILA MUHIBTARI 10412144020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menilai Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kota Magelang dengan menggunakan Analisis Rasio Keuangan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Magelang tahun anggaran 2008-2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studikasus dengan pendekatan statistik deskriptif. Data yang diolah adalah Ringkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2008-2012 yang didapatkan dari Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Magelang. Analisis yang digunakanuntuk menganalisis Kinerja Keuangan Daerah adalah dengan menghitung RasioKemandirian, Rasio Derajat Desentralisasi Fiskal, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, dan Rasio Keserasian Belanja. Sedangkan analisis yang digunakan untuk menganalisis Kemampuan Keuangan Daerah adalah dengan menghitung Share dan Growth, Peta Kemampuan Keuangan Daerah, dan Indeks Kemampuan Keuangan. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis Kinerja Keuangan Daerah dapat disimpulkan, bahwa pola hubungan tingkat kemandirian daerah Kota Magelang berada pada kriteria instruktif. Tingkat Derajat Desentralisasi Fiskal Pemerintah Daerah Kota Magelang masih kurang, namun, tingkat Efektivitaspengelolaan keuangan daerah Kota Magelang terbilang sangat efektif dan tingkat Efisiensipengelolaan keuangan daerah Kota Magelang terbilang sangat efisien.Rasio Keserasian Belanja menunjukkan keseimbangan antarbelanja belum seimbang.Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis Kemampuan Keuangan Daerah dapat disimpulkan, bahwa kondisi kemampuan keuangan Kota Magelang masih belum ideal. Dilihat dari hasil perhitungan Sharedan Growth, posisi Kota Magelang berada pada kuadran II. Dilihat dari hasil perhitungan Indeks Kemampuan Keuangan Kota Magelang, Kemampuan Keuangan Kota Magelang tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item