PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN MEDIA ILLUSTRATED ACCOUNTING CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI POKOK AKUNTANSI UTANG DAN AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Muhammad Abdul Fatah Latief, Fatah (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN MEDIA ILLUSTRATED ACCOUNTING CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI POKOK AKUNTANSI UTANG DAN AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa KelXI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui Metode Pembelajaran KooperaTeknik Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Media Illustrated AccountiCard. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklu Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, drefleksi. Materi yang dipilih yaitu Akuntansi Piutang di Siklus I dan Akuntansi Utang diSiklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakadalam penelitian ini meliputi lembar observasi Keaktifan Belajar, dokumentasi, dan catatlapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengapersentase. Analisis ini dilakukan dengan cara mengolah skor Keaktifan Belajar, menyajikdata, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Penerapan Metode PembelajarKooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Media IllustrateAccounting Card dapat meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi pada Materi PokAkuntansi Utang dan Akuntansi Piutang kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjapeningkatan disetiap indikator Keaktifan Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus Peningkatan skor rata-rata Keaktifan Belajar Akuntansi sebesar 12,76% dari skor rata-ratKeaktifan Belajar Akuntansi siklus I sebesar 78,19% menjadi sebesar 90,95% dari skor rarata Keaktifan Belajar Akuntansi siklus II. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT), Media Illustrated Accounting Card, Keaktifan Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15321

Actions (login required)

View Item View Item