PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Dewi Agustina Kartika, Tika (2014) PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
10403244007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: AGUSTINA KARTIKA DEWI 10403244007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014, 2) mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014, 3) mengetahui Pengaruh Locus of Control dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian kausal komparatif. Penelitian ini menggunakan populasi dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan dengan N=30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji liniearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Locus of Control berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,304; r2 x1y = 0,092; thitung = 2,114> ttabel = 1,678 dan taraf signifikansi 5%. 2) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y = 0,427; r2 x2y = 0,183; thitung = 3,135> ttabel = 1,678 dan taraf signifikansi 5%. 3) Locus of Control dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2) = 0,480; R2 y(1,2) = 0,231; Fhitung = 6,444 > Ftabel = 3,20 dan taraf signifikansi 5%. Locus of Control memberikan sumbangan relatif sebesar 21,8% dan Motivasi Belajar sebesar 78,2%. Sumbangan efektif dari variabel Locus of Control sebesar 5,04% dan Motivasi Belajar sebesar 18,06%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15319

Actions (login required)

View Item View Item