PENGARUH PROFESIONALISME TERHADAP AUDIT JUDGMENT AUDITOR INTERNAL PADA SATUAN PENGAWAS INTERNAL PERGURUAN TINGGI NEGERI YOGYAKARTA DAN SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Nugraha Mirza, Mirza (2014) PENGARUH PROFESIONALISME TERHADAP AUDIT JUDGMENT AUDITOR INTERNAL PADA SATUAN PENGAWAS INTERNAL PERGURUAN TINGGI NEGERI YOGYAKARTA DAN SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PROFESIONALISME TERHADAP AUDIT JUDGMENT DENGAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PROFESIONALISME TERHADAP AUDIT JUDGMENT AUDITOR INTERNAL PADA SATUAN PENGAWAS INTERNAL PERGURUAN TINGGI NEGERI YOGYAKARTA DAN SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI Oleh: MIRZA NUGRAHA 10412144035 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh profesionalisme terhadap audit judgment auditor internal , (2) pengaruh profesionalisme terhadap audit judgment auditor internal dengan menggunakan konflik peran sebagai moderasi pada Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta dan Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sifat penelitian adalah penelitian penjelasan. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Populasi pada penelitian ini adalah auditor internal pada Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta dan Surakarta. Jumlah sampel penelitian sebanyak 45 responden auditor internal. Kuesioner diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian terhadap kuesioner menggunakan teknik sampel terpakai sebanyak 30 sampel. Uji prasyarat yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah analisis regresis linear sederhana dan uji nilai selisih mutlak. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa: (1) profesionalisme memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap audit judgment, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien 0,833 dan signifikansi 0,000 lebih kecil dari pada signifikansi yang telah ditentukan yaitu sebesar 0,05, (2) Variabel moderasi memberikan koefisien -1,426 dengan signifikansi 0,030 dan dapat dikatakan bahwa variabel konflik peran, memoderasi hubungan antara variabel profesionalisme terhadap variabel audit judgment secara signifikan. Koefisien negatif menunjukkan bahwa efek moderasi yang diberikan adalah negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15313

Actions (login required)

View Item View Item