PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN ONLINE BANKING PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Cahyo Wanandi Yoso Hanur, Cahyo (2014) PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN ONLINE BANKING PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN ONLINE BANKING PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Wanandi Yoso Hanur Cahyo 10412144037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Persepsi Kebermanfaatan terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, (2) pengaruh Keamanan terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, (3) pengaruh Kepercayaan terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, (4) pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, (5) pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan secara bersama-sama terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian survai. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 2443 orang (data bulan Januari 2014), sampel yang diambil berjumlah 139 orang. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi Kebermanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,147, koefisien korelasi (r) sebesar 0,273 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,317>1,656. 2) Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,425, koefisien korelasi (r) sebesar 0,266 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,230>1,656. 3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,580, koefisien korelasi (r) sebesar 0,368 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,633>1,656. 4) Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,175, koefisien korelasi (r) sebesar 0,349 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,363>1,656. 5) Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,579 dan nilai F hitung > F tabel yaitu sebesar 16,865>2,4392.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15308

Actions (login required)

View Item View Item