PENGARUH PROFESIONALITAS GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MENGELOLA KARTU UTANG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Rakhmawati, Retno (2014) PENGARUH PROFESIONALITAS GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MENGELOLA KARTU UTANG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RETNO RAKHMAWATI 09403247005 PENDIDIKAN AKUNTANSI 2009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

09403247005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang, (2) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang, (3) Pengaruh Profesionalitas Guru dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 171 siswa, sampel sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 33 siswa yang tidak termasuk sampel. Uji validitas dengan teknik korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi sederhana, dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif signifikan Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang, dengan r x1y = 0,478; r2 x1y = 0,229 dan thitung = 5,391 lebih besar dari ttabel sebesar 1,984, (2) terdapat pengaruh positif signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang, dengan r x2y = 0,689; r2 x2y = 0,474 dan harga thitung = 9,400 lebih besar dari ttabel =1,984 (3) terdapat pengaruh positif signifikan Profesionalitas Guru dan Lingkungan Belajar secara bersamasama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/ 2013, ditunjukkan Ry(1,2) = 0,775; R 2 y(1,2) = 0,601 dan Fhitung 72,965 lebih besar dari Ftabel 3,090. Sumbangan Relatif variabel Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang sebesar 36,17% dan variabel Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang sebesar 63,83%. Sumbangan Efektif variabel Profesionalitas Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang sebesar 21,74%, dan Lingkungan Belajar 38,36%. Profesionalitas Guru dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama memberikan Sumbangan Efektif sebesar 60,1% terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Kartu Utang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item View Item