KOMPARASI PENGGUNAAN CBT DAN PBT TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT

Puspita, Miranda Sheila (2013) KOMPARASI PENGGUNAAN CBT DAN PBT TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
KOMPARASI PENGGUNAAN CBT DAN PBT TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara Computer–Based Test (CBT) dan Paper–Based Test (PBT) terhadap motivasi dan prestasi belajar larutan elektrolit dan non elektrolit untuk peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 3 Magelang tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Magelang sejumlah 116 orang. Sampel penelitian terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan evaluasi dengan PBT dan kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan evaluasi dengan CBT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang digunakan sebagai CBT tidak dapat digunakan sebagai alat evaluasi hasil belajar karena tidak dapat mengukur prestasi hasil belajar kimia peserta didik. Kata kunci: evaluasi, motivasi, prestasi belajar, computer–based test, paper–based test.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:36
Last Modified: 29 Jan 2019 20:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15297

Actions (login required)

View Item View Item