PENDAPAT GURU TATA BOGA SMK NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TERHADAP KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BOGA UNTUK MENGAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF TINGKAT LANJUT

Pratiwi, Dian (2015) PENDAPAT GURU TATA BOGA SMK NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TERHADAP KOMPETENSI YANG HARUS DIKUASAI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BOGA UNTUK MENGAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF TINGKAT LANJUT. S1 thesis, Fakultas Teknik UNY.

[img]
Preview
Text
1. COVER_DIAN.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN,PENGESAHAN, DLL.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I_DIAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II_DIAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III_DIAN.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV_DIAN.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA_dian.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT_TERJEMAHAN.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain : (1) mengetahui pendapat guru terhadap kompetensi pedagogik yang harus dikuasai mahasiswa pendidikan teknik boga untuk mengajar mata diklat produktif tingkat lanjut; (2) mengetahui pendapat guru terhadap kompetensi kepribadian yang harus dikuasai mahasiswa pendidikan teknik boga untuk mengajar mata diklat produktif tingkat lanjut; (3) mengetahui pendapat guru terhadap kompetensi profesional yang harus dikuasai mahasiswa pendidikan teknik boga untuk mengajar mata diklat produktif tingkat lanjut; (4) mengetahui pendapat guru terhadap kompetensi sosial yang harus dikuasai mahasiswa pendidikan teknik boga untuk mengajar mata diklat produktif tingkat lanjut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei di SMK Negeri Kelompok Pariwisata yang ada di DIY. Populasi penelitian ini adalah semua guru tata boga SMK yang ada di DIY yang mengajar mata produktif tingkat lanjut yang berjumlah 17 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan expert judgment, sedangkan reliabilitas instrumen penelitian ini menggunakan rumus K-R20. Teknik analisis dan penafsiran data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, dengan menghitung rerata, dan merangking untuk setiap indikator. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) kompetensi pedagogik meliputi pengetahuan tentang kurikulum dan silabus, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar dengan persentase 92,03% kriteria sangat dibutuhkan, 2) kompetensi kepribadian meliputi sikap dan penampilan dengan persentase 89,25% dengan kriteria sangat dibutuhkan, 3) kompetensi profesional meliputi keorganisasian, wawasan dalam bidang kejuruan, kemampuan dalam merencanakan dan menerapkan makanan untuk buffet, merencanakan dan mengontrol jasa boga berdasarkan menu, dan mengorganisasi operasi makanan dalam jumlah besar dengan persentase 92,36% kriteria sangat dibutuhkan, dan 4) kompetensi sosial meliputi komunikasi dan kerjasama serta menghargai orang lain dengan persentase 89,63% kriteria sangat dibutuhkan. Kata kunci : pendapat, guru tata boga SMK, kompetensi, mahasiswa pendidikan teknik boga, mata diklat produktif tingkat lanjut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT
Date Deposited: 06 Apr 2015 02:24
Last Modified: 29 Jan 2019 20:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item