MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI TOKOH-TOKOH KEMERDEKAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SENDANGADI 1 MLATI SLEMAN

Irmanto, - (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI TOKOH-TOKOH KEMERDEKAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SENDANGADI 1 MLATI SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V di SD Negeri Sendangadi 1 Mlati Sleman melalui metode Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan guru kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, yang berjumlah 35 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh berupa tes hasil belajar sebagai data primer dan data observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan metode Role Playing dengan cara melakukan tindakan secara sadar tentang peran dalam kelompok, memperagakan suatu masalah secara singkat, sehingga bisa mengenali tokohnya, dan individu memerankan situasi yang imajinatif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif IPS siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Sleman. Peningkatan hasil belajar IPS terjadi setelah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) di SD Negeri Sendangadi 1 adalah 68. Peningkatan hasil belajar kognitif meningkat dari rata-rata 67,6 dengan ketuntasan 57% pada kondisi awal menjadi rata-rata 74,4 dengan ketuntasan 74% pada siklus I dan rata-rata 81,3 dengan ketuntasan 89% pada siklus II. Sementara itu, peningkatan hasil belajar afektif mengalami peningkatan dari siklus I dengan kriteria kurang dan cukup 34%, baik dan sangat baik 66% menjadi kriteria cukup 9%, baik dan sangat baik 91% padas iklus II. Dengan demikian dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan hasil belajar IPS dan penerapan metode Role Playing dalam mata pelajaran IPS membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi guru dan siswa. Kata kunci : hasil belajar IPS, Role Playing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15291

Actions (login required)

View Item View Item