PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT PADA SISWA KELAS 2 SDN ADISUCIPTO 1 DEPOK

Supadmiyati, - (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT PADA SISWA KELAS 2 SDN ADISUCIPTO 1 DEPOK. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUPADMIYATI-NIM. 09108247013.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Adisucipto 1 Depok dengan performance assessment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Peneliti adalah guru kelas sendiri yang bekerjasama dengan guru kelas 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Adisucipto 1 dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes berupa observasi melalui LKS. Teknik analisis data menggunakan data observasi dan dokumen lembar kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan performance assessment dapat meningkatkan keterampilan proses IPA siswa kelas 2 SDN Adisucipto 1. Peningkatan keterampilan proses IPA siswa terjadi setelah pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II. Siklus I dilaksanakan dengan mengamati langsung keterampilan proses IPA siswa dengan memperhatikan kriteria performance assessment dan pada siklus II dilakukan perbaikan prosedur performance assessment dengan membuat kriteria-kriteria keterampilan yang diukur tidak terlalu banyak sehingga dapat diobservasi selama siswa melaksanakan tugas dan mendefinisikan dengan jelas kriteria-kriteria keterampilan tersebut. Aspek-aspek keterampilan proses yang dapat meningkat adalah (1) keterampilan mengamati sebesar 85,8%, (2) keterampilan mengelompokkan sebesar 93,1%, (3) keterampilan mengukur sebesar 72,2%, (4) keterampilan menyimpulkan sebesar 70,8%, (5) keterampilan memprediksi sebesar 77,8%, dan (6) keterampilan mengkomunikasikan sebesar 79,9%. Secara keseluruhan keterampilan proses IPA pada siklus I sebesar 70,0% meningkat menjadi 79,9% pada siklus II. Sebanyak 19 siswa atau sebesar 79% menguasai keterampilan proses IPA. Kata kunci : performance assessment, keterampilan proses, IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15276

Actions (login required)

View Item View Item