PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM MENGETIK MANUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGETIK MANUAL KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 KLATEN

Atmaji Danang, Danang (2014) PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM MENGETIK MANUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGETIK MANUAL KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Danang Atmaji.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM MENGETIK MANUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGETIK MANUAL KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 KLATEN Oleh : Danang Atmaji NIM.10402241017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Laboratorium Mengetik Manual dan hambatan yang terjadi serta upaya yang ditempuh untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan Laboratorium Mengetik Manual sebagai sumber belajar pada standar kompetensi mengetik manual di SMK Negeri 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Klaten yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Subyek penelitian ini adalah guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran dan siswa kelas X, XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, meliputi tiga tahap: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik untuk memperoleh keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini: (1) Pemanfaatan Laboratorium Mengetik Manual sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Mengetik Manual di SMK Negeri 1 Klaten antara lain : Penggunaan ruang Laboratorium sebatas jam pelajaran, Sumber belajar cetak dan non cetak belum optimal karena siswa jarang menggunakannya dengan baik, Fasilitas Laboratorium Mengetik Manual kurang kurang mendukung sebagai sumber belajar di karenakan jumlah yang terbatas. (2) Hambatan-hambatan yang terjadi dari pemanfaatan fasilitas Laboratorium Mengetik Manual di SMK Negeri 1 Klaten adalah kurangnya koleksi jenis sumber belajar dan kurangnya minat berkunjung siswa di Laboratorium Mengetik Manual SMK Negeri 1 Klaten. (3) Upaya-upaya yang ditempuh yaitu dengan menambah koleksi sumber belajar secara bertahap yang disesuaikan dengan kebutuhan di Laboratorium Mengetik Manual SMK Negeri 1 Klaten. Selain itu, guru Mengetik Manual harus terus menyarankan,memotivasi dan mengajak siswa untuk berkunjung dan memanfaatkan koleksi jenis sumber belajar yang tersedia di Laboratorium Mengetik Manual SMK Negeri 1 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item View Item