TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V TENTANG PERILAKU HIDUP SEHAT DI SD NEGERI GENTAN KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

Aris Tamaji Wijayanto (2014) TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DAN V TENTANG PERILAKU HIDUP SEHAT DI SD NEGERI GENTAN KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakutas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Aris Tamaji Wijayanto NIM 10604224088.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan pemilihan jajan makanan dan minuman disekolah, pengetahuan pentingnya sarapan pagi, kebersihan diri dan lingkungan, serta kebiasaan olahraga dan istirahat siswa SD Negeri Gentan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa sekolah dasar kelas IV dan V tentang perilaku hidup sehat di SD Negeri Gentan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan survey dengan teknik pengambilan data menggunakan tes pilihan ganda. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Gentan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman yang berjumlah 82 siswa terdiri dari 41 siswa kelas IV dan 41 siswa kelas V. Uji Validitas Instrumen menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach melalui SPSS 16.0 for windows. Untuk menganalisis data digunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian tingkat pengetahuan siswa sekolah dasar kelas IV dan V tentang perilaku hidup sehat di SD Negeri Gentan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman menunjukkan hasil cukup dengan persentase sebesar 34,14% yang didukung lima faktor. Pengetahuan terhadap faktor makanan dan minuman sebesar 31,70%, pengetahuan terhadap faktor kebersihan diri sebesar 36,58%, pengetahuan terhadap faktor kebersihan lingkungan sebesar 39,02%, pengetahuan terhadap faktor sakit dan penyakit sebesar 40,24%, dan pengetahuan terhadap faktor hidup teratur sebesar 43,90%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10604224088
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, perilaku hidup sehat.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 20:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15270

Actions (login required)

View Item View Item