PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS 2 SD MALANGREJO KABUPATEN SLEMAN

Lestari, Ngreni (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS 2 SD MALANGREJO KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NGRENI LESTARI_NIM 09108247072.pdf

Download (53MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 2 SD N Malangrejo Kabupaten Sleman dengan menggunakan media gambar dengan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri Malangrejo, Sleman tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki tiga komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik penilaian berbentuk tes menulis permulaan mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana dengan bahasa tulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis permulaan mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana dengan bahasa tulis siswa yang ditandai dengan 75 % siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dengan pendekatan keterampilan proses terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 2 SD N Malangrejo. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil evaluasi siswa yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Rata-rata hasil tes menulis pada pra tindakan sebesar 58,75. Siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 69,84. Peningkatan rata-rata hasil evaluasi menulis permulaan siswa dari pra tindakan ke siklus I sebesar 11,09. Pada siklus II rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat menjadi 80,00. Hal itu menunjukkan bahwa rata-rata hasil evaluasi siswa meningkat lagi sebesar 10,16. Kata Kunci: Kemampuan menulis permulaan, media gambar, pendekatan keterampilan proses.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15260

Actions (login required)

View Item View Item