MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI SANGON KOKAP KULON PROGO

Salasih, Sintha Muning (2015) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI SANGON KOKAP KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi sintha muning salasih.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar menggunakan model quantum teaching pada materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Sangon Kokap Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sangon yang berjumlah 10 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran yang diperoleh dari penerapan model quantum teaching pada materi bangun ruang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan dan angket yang telah diuji validitas materi kepada ahli. Pengamatan digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar dan keterlaksanaan proses pembelajaran materi bangun ruang menggunakan model quantum teaching, dan angket digunakan untuk mendukung data hasil pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar pada materi bangun ruang menggunakan model quantum teaching pada siswa kelas V SD N Sangon Kokap kulon Progo. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata keaktifan belajar siklus I pertemuan pertama sebesar 31,6%; (2) rata-rata keaktifan belajar siklus I pertemuan kedua sebesar 52%; (3) rata-rata keaktifan belajar siklus II pertemuan pertama sebesar 80%; (4) rata-rata keaktifan belajar siklus II pertemuan kedua sebesar 84,2%. Peningkatan tersebut juga didukung dari data angket, yaitu terjadi peningkatan tiap siklus dengan rata-rata keaktifan belajar pada siklus I yaitu 49,9% dan pada siklus II yaitu 82,2 %. Kata kunci : keaktifan belajar, model quantum teaching, bangun ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item View Item