PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BAGIAN ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DIY

Heriyanto, Heriyanto (2014) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BAGIAN ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DIY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
merged.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BAGIAN ADMINISTRASI KESEJAHTERAAN RAKYAT PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL DIY Oleh : Heriyanto NIM. 10402241040 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik pada bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, yang selama ini belum diketahui, menyangkut kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu penyelesaian, tanggungjawab pegawai, kemudahan akses, kelengkapan sarana dan prasarana, perilaku pegawai, serta kenyamanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan responden terdiri atas kepala bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan masyarakat pengguna pelayanan yang datang ke bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat. Penentuan responden dengan insidental sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat pengguna pelayanan pada bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyatakan penyelenggaraan pelayanan masih kurang memuaskan pada beberapa aspek. Beberapa aspek yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, yaitu aspek kejelasan (kurang jelasnya syarat teknis dan admnistratif), aspek sarana dan prasarana yang masih kurang, aspek kemudahan akses (website yang masih kurang informative dan pembaruan), aspek keindahan (penataan ruang yang terkesan sempit). Peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik pada bagian Administrasi Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dapat dilakukan dengan prioritas kejelasan persyaratan teknis dan administratif, pembuatan papan informasi, perlu adanya kemudahan akses, peningkatan sarana dan prasarana, papan petunjuk yang jelas untuk menuju bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat, dan pembaruan informasi di website mengenai bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15252

Actions (login required)

View Item View Item