PENINGKATAN KREATIVITAS MELUKIS MENGGUNAKAN GLITTER PADA KELOMPOK B TK ABA NGADINEGARAN YOGYAKARTA

Shita, Purnama Sari (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS MELUKIS MENGGUNAKAN GLITTER PADA KELOMPOK B TK ABA NGADINEGARAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melukis menggunakan glitter pada kelompok B TK ABA Ngadinegaran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan 2 Siklus tiap siklus menggunakan tiga pertemuan. Subyek penelitian adalah 22 anak Kelompok B TK ABA Ngadinegaran, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kuantitaf dan kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 22 dari jumlah anak kelompok B TK ABA Ngadinegaran yaitu peningkatan mencapai 80% atau sejumlah 8 anak laki-laki dan peningkatan mencapai 83,33% atau sejumlah 10 anak perempuan dapat meningkat sesuai indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melukis menggunakan glitter dapat meningkatkan kreativitas melukis. Hal ini dapat diamati dalam hasil pra-tindakan anak-anak yaitu belum meningkat pada kreativitas melukis dengan glitter masih dengan bantuan pensil. Pada siklus I anak belum dapat menggunakan media glitter secara maksimal pada lukisan yang sudah dibuat. Warna glitter yang disediakan pada siklus I belum digunakan secara maksimal. Pada Siklus II peningkatan sudah terlihat jelas ketika anak-anak melukis secara antusias. Kreativitas melukis anak laki-laki meningkat sesuai bentuk gambar yang dihasilkan bervariasi dan terlihat jelas bentuknya. Kreativitas anak perempuan meningkat dan berkembang terlihat dari hasil lukisan pemberian warna yang bervariasi dan dikombinasikan warna. Dibuktikan pada pra-tindakan anak yang sudah meningkat pada aspek pemilihan warna mencapai 16,67% atau sejumlah 2 anak perempuan, pada aspek keberagaman bentuk yang sudah meningkat mencapai 20% atau sejumlah 2 anak laki-laki. Setelah diadakan tindakan siklus I mencapai 60% atau sejumlah 6 anak sudah meningkat pada aspek keberagaman bentuk, dan 41,67% atau sejumlah 5 anak meningkat pada aspek pemilihan warna. Pada Siklus II yaitu anak laki-laki dapat dilihat pada peningkatan keberagaman bentuk lukisan mencapai 80 % atau sejumlah 8 anak dan anak perempuan dapat dilihat pada peningkatan pemilihan warna mencapai 83,33% atau sejumlah 10 anak. Kata kunci : kreativitas, melukis, glitter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15246

Actions (login required)

View Item View Item