MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI METODE DRILL DI KELOMPOK B RA MASYITHOH 02 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS

Laeli, Marwati (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI METODE DRILL DI KELOMPOK B RA MASYITHOH 02 SIRAU KEMRANJEN BANYUMAS. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
LAELI MARWATI (08111244017).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan motorik halus anak di Kelompok B RA Masyithoh 02, Sirau, Kemranjen, Banyumas melalui metode drill. Penelitian ini penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah 36 anak Kelompok B RA Masyithoh 02 Sirau Kemranjen Banyumas yang terdiri dari 17 anak dan 19 anak laki-laki. Objek yang diteliti adalah peningkatan keterampilan motorik halus anak. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa observasi dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif. Indiktor keberhasilan dari penelitian ini adalah adalah apabila perhitungan presentase menunjukan ≥ 80% anak mngalami peningkatan dalam keterampilan motorik halus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan motorik halus setelah pembelajaran menggunakan metode drill. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari data yang diperoleh, yaitu pada indikator kecermatan di Siklus I peningkatan yang terjadi sebanyak 58,33% dan pada Siklus II peningkatan yang terjadi sebanyak 80,53 % Begitu pula keterampilan motorik halus pada indikator koordinasi mata dan tangan di Siklus I peningkatan yang terjadi sebanyak 61,10% dan pada Siklus II meningkat peningkatan yang terjadi sebanyak 88,88%. Langkah-langkah metode drill yang dilakukan dalam penelitian ini adalah 1) Guru menyampaikan tema yang akan di lakukan, 2) Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dengan metode drill, kegiatan tersebut meliputi menempel dan menggunting, 3) Guru membagi lembar kegiatan (LKA) anak untuk dikerjakan oleh setiap anak, LKA tersebut berupa gambar yang sudah berpola kemudian di tempel dengan bahan yang sudah disediakan 4) Setiap siswa mengerjakan kegiatan menempel dan menggunting secara bergantian tiap harinya. Kata kunci : keterampilan motorik halus, metode drill

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item