PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA DI SMK KELOMPOK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

Mardiani, - (2010) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA DI SMK KELOMPOK TEKNOLOGI DAN REKAYASA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audio visual tentang keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium kimia untuk SMK kelompok teknologi dan rekayasa serta mengetahui kualitas media audio visual sesuai kriteria kualitas media yang telah ditentukan. Pengembangan media audio visual ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penelitian berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru SMK kelompok teknologi dan rekayasa di wilayah Yogyakarta, Kulon Progo dan Ketapang. Penilaian yang dilakukan meliputi 7 aspek penilaian dengan 25 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio visual. Produk penelitian ini berupa CD audio visual keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium kimia. Berdasarkan penilaian guru SMK kelompok teknologi dan rekayasa, audio visual mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 105,4. Oleh karena itu, media audio visual ini layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri bagi peserta didik SMK kelompok teknologi dan rekayasa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 07:29
Last Modified: 29 Jan 2019 20:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15217

Actions (login required)

View Item View Item