PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (RSMA BI) KELAS XII SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI

Nurhayati, Yulia (2010) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (RSMA BI) KELAS XII SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISW2.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS Kimia berbahasa Inggris untuk RSMA BI kelas XII semester I berdasarkan Standar Isi dan menentukan kualitas LKS Kimia berbahasa Inggris yang telah disusun, ditinjau dari syarat didaktik, konstruksi, dan teknis yang telah ditentukan berdasarkan penilaian guru kimia RSMA BI. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk yang meliputi tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, ahli media dan ahli materi, peer reviewer, dan selanjutnya direvisi. Produk hasil revisi dinilai dan diberi masukan oleh lima orang guru kimia RSMA BI (reviewer) di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan instrumen penilaian LKS Kimia berbahasa Inggris. Instrumen penilaian LKS Kimia berbahasa Inggris berisi 9 aspek penilaian yang terdiri atas 22 kriteria penilaian. Hasil penilaian berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas LKS Kimia berbahasa Inggris. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah LKS Kimia berbahasa Inggris untuk RSMA BI kelas XII semester I berdasarkan Standar Isi yang berisikan materi pokok Sifat Koligatif Larutan, Redoks dan Aplikasinya, serta Elektrolisis dan Korosi. LKS Kimia berbahasa Inggris yang dikembangkan mempunyai kualitas baik (B) dengan skor 81,2 dan persentase skor sebesar 73,818 %, sehingga layak digunakan sebagai media belajar dan sumber belajar dalam pembelajaran kimia bagi peserta didik di RSMA BI kelas XII semester I.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 07:14
Last Modified: 29 Jan 2019 20:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item View Item