PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (RSMA BI) KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI

Sari, Rully Evita (2010) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (RSMA BI) KELAS X SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISW1.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Siswa Berbahasa Inggris untuk mata pelajaran Kimia RSMA BI kelas X berdasarkan Standar Isi serta menentukan kualitas Lembar Kerja Siswa Kimia Berbahasa Inggris hasil pengembangan, berdasarkan penilaian guru kimia RSMA BI ditinjau dari kriteria yang telah ditentukan. Kurikulum yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan LKS adalah kurikulum Standar Isi. LKS kimia berbahasa Inggris yang dikembangkan berisi tiga materi pokok, yaitu: Struktur Atom (Atomic Structure), Tabel Periodik Unsur (Periodic Table of Element), dan Ikatan Kimia (Chemical Bond). Prosedur pengembangan terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Masing-masing tahap terdiri atas beberapa langkah penelitian. LKS kimia berbahasa Inggris diberi masukan oleh dua orang dosen pembimbing, tiga orang teman sejawat (peer reviewer), dua orang ahli media, dan dua orang ahli materi. LKS dinilai kualitasnya oleh tiga orang guru kimia RSMA BI di wilayah Yogyakarta dan dua orang guru kimia RSMA BI di wilayah Semarang. Penilaian LKS berdasarkan 9 aspek penilaian, yaitu: aspek pendekatan pembelajaran, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, kegiatan siswa, kebahasaan, penampilan fisik, penilaian, dan keterlaksanaan. Data nilai kualitas yang diperoleh merupakan data kuantitatif berbentuk skor, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas LKS kimia berbahasa Inggris. Lembar Kerja Siswa berbahasa Inggris untuk mata pelajaran Kimia RSMA BI kelas X berdasarkan Standar Isi yang memenuhi kriteria kualitas telah berhasil disusun. Kualitas Lembar Kerja Siswa Kimia berbahasa Inggris hasil pengembangan adalah sangat baik (SB) dengan pencapaian skor rata-rata sebesar 93,8 dan persentase keidealan sebesar 85,27%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 07:12
Last Modified: 29 Jan 2019 20:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item