PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE (TPS) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 9 PURWOREJO KELAS X SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2009/2010

Jannah, Zulfatul (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE (TPS) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 9 PURWOREJO KELAS X SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK.docx

Download (17kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) terhadap ada tidaknya perbedaan: (a) prestasi belajar kimia siswa SMA Negeri 9 Purworejo kelas X semester 2 tahun ajaran 2009/2010 jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik, (b) peningkatan motivasi belajar kimia siswa SMA Negeri 9 Purworejo kelas X semester 2 tahun ajaran 2009/2010, dan (c) motivasi belajar kimia siswa SMA Negeri 9 Purworejo kelas X semester 2 tahun ajaran 2009/2010 sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain meliputi: (a) desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel; (b) desain satu faktor dua sampel; dan (c) desain satu faktor dengan pengamatan ulang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah populasi 166 siswa. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (X.4) dan kelas kontrol (X.1) yang diambil secara cluster sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia siswa, data prestasi belajar kimia siswa yang dianalisis dengan analisis anakova, dan data motivasi belajar kimia siswa yang dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis anakova menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik (F =7,246 > F =3,96 dan p =0,009). Analisis dengan uji-t beda subjek menunjukkan tidak ada perbedaan gain motivasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS) (p = 0,185). Analisis dengan uji-t sama subjek didapatkan harga p (0,005) < 0,05. Hal ini berarti ada perbedaan motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square (TPS).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 06:58
Last Modified: 29 Jan 2019 20:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15204

Actions (login required)

View Item View Item