KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 2 PURWAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Shofariyah, Siti Sholihatush (2010) KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 2 PURWAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences, (2) perbedaan antara minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences, (3) perbedaan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Purwakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester 2 di SMA Negeri 2 Purwakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 189 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 61 orang yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dan satu kelas sebagai kelas yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences. Penelitian ini menggunakan desain penelitian satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan analisis kovarian (anakova). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) ada peningkatan minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences (p = 0,000), (2) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000) antara minat belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences, (3) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,049) antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis multiple intelligences dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis multiple intelligences jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik, pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Purwakarta. Dengan demikian, pembelajaran berbasis multiple intelligences efektif untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kimia peserta didik dengan sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik sebesar 17,8 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 06:39
Last Modified: 29 Jan 2019 20:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15200

Actions (login required)

View Item View Item