PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENYAWA KARBON UNTUK SMA/MA DENGAN PENDEKATAN CHEMO- ENTREPRENEURSHIP (CEP) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

Sarwinda, Khairani (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENYAWA KARBON UNTUK SMA/MA DENGAN PENDEKATAN CHEMO- ENTREPRENEURSHIP (CEP) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENYAWA KARBON.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) menyusun media pembelajaran senyawa karbon untuk SMA/MA dan (2) mengetahui kualitas media pembelajaran senyawa karbon tersebut berdasarkan penilaian guru SMA/MA. Produk akhir penelitian ini berupa CD pembelajaran interaktif senyawa karbon dengan menggunakan pendekatan Chemo-Entrepreneurship. Penyusunan CD pembelajaran interaktif ini mendapatkan masukan dari dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media, ahli materi, dan peer reviewer. Instrumen penilaian CD pembelajaran interaktif berupa angket yang berisi aspek dan kriteria kualitas media. Instrumen penilaian tersebut meliputi 11 aspek dan 59 indikator penilaian. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penilaian berupa data kuantitatif yang diubah menjadi data kualitatif, kemudian diatabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas CD pembelajaran interaktif. CD pembelajaran interaktif ini terdiri atas 3 materi utama yaitu bioetanol, biogas, dan tape singkong. Setiap materi dilengkapi dengan cara pembuatan serta analisis usaha pembuatan produk-produk tersebut sehingga dapat membangkitkan entrepreneur spirit bagi siswa. Berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA/MA, CD pembelajaran interaktif ini mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 264,2 yang diatas skor ideal 236. Oleh karena itu, CD pembelajaran interaktif ini dapat digunakan sebagai sumber belajar berwirausaha bagi siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 05:31
Last Modified: 29 Jan 2019 20:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15191

Actions (login required)

View Item View Item