PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE MATERI POKOK UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I

PURWOKO, HERY (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE MATERI POKOK UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak indo-hery.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok unsur, senyawa, dan campuran sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk siswa SMP/MTs kelas VII semester I dan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran kimia tersebut berdasarkan penilaian reviewers yaitu 5 orang guru yang terdiri dari 3 orang guru IPA SMP dan 2 orang guru kimia SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, prosedur pengembangan media pembelajaran ini terdiri atas beberapa tahapan, tahap pertama yaitu meliputi pencarian referensi materi pokok unsur, senyawa, dan campuran, dan membuat rancangan media pembelajaran; tahap kedua yaitu meliputi penyusunan media pembelajaran kimia berbasis website dalam bentuk CD pembelajaran, media pembelajaran yang telah dibuat kemudian dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, ahli media dan peer reviewers untuk diberi masukan. Masukan yang diberikan selanjutnya menjadi bahan revisi media pembelajaran kimia yang telah dibuat. Media pembelajaran kimia berbasis website ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru IPA SMP/MTs dan 2 orang guru kimia SMA dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Penelitian pengembangan ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok unsur, senyawa, dan campuran yang telah diketahui kualitasnya. Hasil penelitian rerata skor total media pembelajaran kimia ini adalah 91,73, yang memenuhi kriteria kualitas Sangat Baik (SB). sehingga media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelaran mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 05:03
Last Modified: 29 Jan 2019 20:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15185

Actions (login required)

View Item View Item