Jamhari, Jamhari (2013) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS BAWAH DI SD NEGERI GUMULAN KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
55. JAMHARI_09604224022.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Status gizi dan kemampuan motorik siswa sekolah dasar perlu diperhatikan. Pemenuhan kebutuhan zat gizi yang baik dapat menunjang kemampuan motorik siswa yang akan berpengaruh dalam kehidupannya mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan kemampuan motorik siswa kelas bawah di SD Negeri Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi menggunakan metode survei dan teknik pengambilan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas bawah di SD Negeri Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul, dengan jumlah 80 anak. Untuk variabel status gizi, pengukuran menggunakan tes Berat Badan / Tinggi Badan (BB/TB), dan untuk variabel kemampuan motorik, dengan instrumen sebagai berikut: Standing Broad Jump, Shot-put dan Berat Badan. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antara status gizi dengan kemampuan motorik sebesar 0,409. Pengujian hipotesis, diperoleh t hitung sebesar 22,252 lebih besar dari t tabel sebesar 1,664. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status gizi dengan kemampuan motorik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status gizi dengan kemampuan motorik siswa kelas bawah di SD Negeri Gumulan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Kata kunci: status gizi, kemampuan motorik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Pendidikan Olahraga FIK |
Date Deposited: | 02 Apr 2015 05:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15182 |
Actions (login required)
View Item |