Muhamad, Toyib (2013) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MENGATASI KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
51. MUHAMAD TOYIB_09604224021.pdf Download (874kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah kurang optimalnya guru dalam menerapkan hakikat kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kreativitas guru pendidikan jasmani sekolah dasar tentang kreativitas dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 24 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan se-Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan pengambilan datanya menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji validitas 36 butir pernyataan tentang kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo menunjukkan ada 6 butir yang dinyatakan gugur, jadi instrumen yang digunakan tinggal 30 butir pernyataan. Sedangkan hasil uji reliabilitas menyatakan bahwa semua butir dinyatakan reliabel. Selanjutnya hasil perolehan angket dihitung dan dikategorikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tentang kreativitas guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo secara keseluruhan sangat baik yaitu 13 orang (54%) memiliki kreativitas sangat baik, 9 orang (38%) memiliki kreativitas baik, 2 orang (8%) memiliki kreativitas cukup, sebesar 0% memiliki kreativitas kurang baik dan tidak baik. Kata kunci : kreativitas , guru pendidikan jasmani, sarana dan prasarana
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Pendidikan Olahraga FIK |
Date Deposited: | 02 Apr 2015 04:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15176 |
Actions (login required)
View Item |