PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR SE-KECAMATANWATES TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DAN KOMPETENSI GURU

Aifa, Fajar Subekti (2013) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR SE-KECAMATANWATES TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DAN KOMPETENSI GURU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
50. Aifa.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya guru dalam menerapkan hakikat pendidikan karakter dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar se-Kecamatan Wates tentang pendidikan karakter dan kompetensi guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 35 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan se-Kecamatan Wates. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji validitas 94 butir pernyataan tentang pendidikan karakter dan kompetensi guru menunjukkan ada 15 butir yang dinyatakan gugur, jadi instrumen yang digunakan tinggal 79 soal. Sedangkan hasil uji reliabilitas menyatakan bahwa semua butir dinyatakan reliabel. Selanjutnya hasil perolehan angket dihitung dan dikategorikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang pendidikan karakter maupun kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan se- Kecamatan Wates secara keseluruhan menunjukkan kategori cukup. Hal ini ditunjukkan dengan persentase untuk persepsi pendidikan karakter sebesar 2 orang (5.71%) kategori sangat baik, 8 orang (22.86%) kategori baik, 16 orang (45.71%) kategori cukup, 6 orang (17.14%) kategori kurang baik, dan 3 orang (8.57%) kategori tidak baik. Sedangkan persepsi untuk kompetensi guru secara keseluruhan ditunjukkan dengan persentase 3 responden (8.57%) kategori sangat baik, 9 orang (20%) kategori baik, 14 orang (40%) kategori cukup, 10 orang (28.57%) kategori kurang baik, dan 1 orang (2.86%) kategori tidak baik. Kata Kunci : persepsi, pendidikan karakter, kompetensi guru

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 02 Apr 2015 04:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item View Item