PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK NEGERI 1 MARET PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF)

Ristyanti, Nugraheni (2015) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK NEGERI 1 MARET PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF). S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISTYI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter di TK Negeri 1 Maret, faktor penghambat serta pendukung dalam penerapan pendidikan karakter di TK Negeri 1 Maret, dan cara mengatasi dari faktor penghambat pada penerapan pendidikan karakter di TK Negeri 1 Maret Playen Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik di TK Negeri 1 Maret Playen. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penerapan pendidikan karakter di TK Negeri 1 Maret dilakukan melalui proses: a) Perencanaan dengan memasukkan ke delapan belas nilai-nilai karakter ke dalam muatan kurikulum sekolah, RKM dan RKH, b) Pelaksanaan pembelajaran yang mencakup dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan terprogram, kegiatan rutin, pembiasaan, spontan, keteladanan, dan c) Penilaian dengan menggunakan observasi, catatan anecdotal, portopolio dan penilaian periodik. 2) Faktor pendukung penerapan pendidikan karakternya yaitu: pendidikan karakter merupakan muatan yang ada dalam kurikulum, ada motivasi intrinsik sekolah, TK Negeri 1 Maret merupakan TK pilot project, sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu dibutuhkan waktu, kesabaran serta ketelatenan dalam penerapan pendidikan karakter, pendanaan terkait pelaksanaan pendidikan karakter, minimnya monitouring dari pusat kurikulum dan factor lingkungan dari pesera didik. 3) Cara mengatasi dari faktor penghambat penerapan pendidikan karakter, TK Negeri 1 Maret yaitu dengan mengadakan komunikasi dan sharing dengan guru-guru lain serta orang tua dalam mengatasi permasalahan anak, mencari pendanaan dalam bentuk pengajuan proposal, dan pendidik terus belajar dari berbagai sumber dan selalu terbuka akan informasi-informasi. Kata kunci: penerapan pendidikan karakter, studi deskriptif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item View Item