PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA SE KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG

Vetti Priskilla, Wardani (2015) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA SE KECAMATAN KEDU KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
PRISKILLA SKRIPSI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kinerja guru, (2) mengetahui motivasi belajar anak, dan (3) mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar anak kelompok B di TK Dharma Wanita se Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan anak yang berjumlah 36 guru dan 360 anak dengan sampel sebanyak 36 guru dan 189 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik area proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban, terdiri atas 60 butir pertanyaan. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik experts judgment kemudian diteruskan dengan diujicobakan kepada 30 guru TK yang tidak termasuk dalam sampel penelitian, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,970 untuk variabel kinerja guru dan 0,929 untuk variabel motivasi belajar anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru kelompok B sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 63,9%; kemudian (2) motivasi belajar anak kelompok B sebesar separuh (50%) berada dalam kategori tinggi; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru terhadap motivasi belajar anak kelompok B di TK se Kecamatan Kedu, yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan rhitung sebesar 0,612 > rtabel sebesar 0,329 dan nilai signifikan sebesar 0,003 (p < 0,05). Kata kunci: kinerja guru, motivasi belajar anak, TK Dharma Wanita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15165

Actions (login required)

View Item View Item