POLA PEMBINAAN DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU CABANG YOGYAKARTA

Agustina Putri Setyanti, Agustina (2015) POLA PEMBINAAN DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI PANTI ASUHAN YAYASAN SAYAP IBU CABANG YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
AGUSTINA PUTRI SETYANTI_09102244032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pola pembinaan, peran pelayanan sosial dan fasilitas yang ada di Panti Asuhan, serta untuk mendeskripsikan mengenai stimulasi emosional tumbuh kembang anak di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu Cabang Yogyakarta, khususnya di Panti A (Panti Balita Terlantar). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Pimpinan Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu Cabang Yogyakarta, pengurus, pengasuh, serta anak- anak khususnya yang bertempat di Panti Balita terlantar. Objek penelitian ini adalah pola pembinaan dalam menstimulasi perkembangan emosional anak di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu cabang Yogyakarta Setting penelitian mengambil tempat di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu Cabang Yogyakarta Panti Balita terlantar. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu Cabang Yogyakarta, khususnya di Panti Balita terlantar, mengenai pola pembinaan anak dalam menstimulasi perkembangan emosional anak, menunjukan bahwa Pola pembinaan yang digunakan dalam menstimulasi perkembangan emosional anak menggunakan pola pembinaan kekeluargaan yang demokratis. Perkembangan emosional anak masih belum optimal dikarenakan beberapa faktor penghambat, faktor internal, meliputi anak panti asuhan itu sendiri yang mempunyai perkembangan emosi yang berbeda-beda, latar belakang pendidikan pengasuh yang masih rendah, maupun faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekitar panti, yaitu pengunjung yang memilih-milih anak untuk diajak bermain, sehingga dapat menimbulkan kecemburuan sosial. Sedangkan faktor pendukungnya berupa media: Alat Peraga Edukatif, buku cerita, buku gambar, serta sarana dan prasarana berupa: ruang belajar, ruang fisioterapi dan taman bermain, serta afeksi atau kasih sayang yang diberikan oleh pengasuh. Kata kunci : Pola pembinaan, stimulasi, perkembangan emosional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item