PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTROLISIS UNTUK SMA/MA DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

BUMANTARA, BAYU (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTROLISIS UNTUK SMA/MA DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTROLISIS UNTUK SMA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengembangkan media pembelajaran elektrolisis dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) untuk siswa SMA/MA dan (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran elektrolisis berdasarkan penilaian lima orang guru kimia SMA/MA. Produk akhir penelitian ini berupa CD pembelajaran elektrolisis dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP)menggunakan macromedia flash 8. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli media dan ahli materi, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh lima orang guru kimia SMA/MA (reviewer) di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan instrumen penilaian media pembelajaran elektrolisis dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP). Instrumen penilaian berisi 11 aspek penilaian dan terdiri atas 67 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kuantitatif, yang selanjutnya diubah menjadi data kualitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran yang dihasilkan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Elektrolisis dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) untuk siswa SMA/MA. Media pembelajaran yang dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian lima orang guru kimia SMA/MA, dengan skor rata-rata 287,80. Skor rata-rata media pembelajaran ini lebih besar dari pada skor idealnya yang besarnya adalah 268,01, sehingga media dapat digunakan sebagai sumber belajar dan media belajar mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15158

Actions (login required)

View Item View Item