PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG MENGGUNAKAN BALOKCUISENAIRE PADA ANAK KELOMPOK A TK SUNAN KALIJOGO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN

Nisa, Purnamasari (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG MENGGUNAKAN BALOKCUISENAIRE PADA ANAK KELOMPOK A TK SUNAN KALIJOGO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang dengan menggunakan balokcuisenaire pada anak kelompok A TK Sunan Kalijogo Cangkringan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan adalah modifikasi model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Sunan Kalijogo Cangkringan, sejumlah 23 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan balok cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan membilang pada anak kelompok A TK Sunan Kalijogo Cangkringan. Peningkatan rata-rata hasil dari sebelum tindakan ke siklus I sebesar 26,09%, kemudian peningkatan hasil rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 33,15%. Proses peningkatan terlihat pada saat dilakukan tindakan siklus I dan siklus II dengan langkah-langkah kegiatan membilang dengan balok cuisenaire sebagai berikut : 1) Guru memperkenalkan balokcuisenaire kepada anak, 2) Guru mengajak anak menghitung bersama-sama jumlah balok pada masing-masing ruas, 3) Anak diminta untuk menunjukkan dan menghitung jumlah balok sesuai dengan angka yang disebutkan oleh guru, 4) Guru memperkenalkan lambang bilangan pada anak, 5) Anak diminta untuk mengurutkan balok-balok dari ruas balok satu hingga sepuluh, 6) Anak diminta mencari dan menghubungkan banyaknya balok dengan lambang bilangannya. Kata kunci: kemampuan membilang, balokcuisenaire

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item