MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MENGGUNAKAN MEDIA CRESS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK BAIK KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA

Marlin Dwi, Susanti (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MENGGUNAKAN MEDIA CRESS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK BAIK KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca awal menggunakan media cress pada anak kelompok B di TK BAIK Krapyak Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaborasi dan partisipatif. Desain penelitian yang digunakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 anak yang terdiri dari dari 17 laki-laki dan 8 perempuan di TK kelompok B. Objek penelitian adalah kemampuan membaca awal menggunakan media cress. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal dapat ditingkatkan menggunakan media cress pada anak kelompok B di TK Krapyak. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya kemampuan membaca awal berupa kejelasan melafalkan huruf, ketepatan mengucapkan suku kata dan kelancaran mengucapkan kata yaitu pada kondisi prasiklus sebesar 32%, pada siklus I sebesar 52% dengan peningkatan 20% dan pada siklus II sebesar 80% dengan peningkatan 28%, sehingga persentase peningkatan sesuaidengan indikator keberhasilan yaitu 80%. Dengan meningkatnya kemampuan membaca awal sebesar 48% menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak kelompok B dapat ditingkatkan menggunakan media cress. Maka tindakan pada siklus II dihentikan karena kemampuan membaca awal anak mengalami peningkatan. Kata Kunci: membaca awal, media cress, anak TK kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item